CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Did You Know?

Visit Yogyakarta / Jogja

Terima kasih Pengunjungku :

Custom Search

Monday, November 10, 2008

Tanaman obat yang dapat meningkatkan kecerdasan, daya ingat adalah Ginko Biloba, tapi tanaman itu sulit di dapat, di Indonesia ada salah satu tanaman yang mudah di dapat dan khasiat nya sama bahkan lebih banyak yaitu Pegagan atau Antanan (Centella asiatica) telah diketahui mampu mempengaruhi sistem saraf pusat, meningkatkan daya rangsang saraf otak, serta meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat (Kumar & Gupta, 2002; Rao et al., 2005). dan di Indonesia telah di uji oleh Annisa R. F. (dari ITB) ternyata ekstrak air daun C. asiatica berpengaruh terhadap kemampuan kognitif (terutama uji kemampuan belajar dan mengingat)dan ber khasiat sebagai anti stress, dan pembentukan memory jangka panjang, serta meningkatkan kemampuan belajar.


Selain itu dapat juga mencegah dan menyembuhkan ; 1. Infectious hepatitis, campak (measles). 2.Demam, radang amandel (tonsillitis), sakit tenggorok, bronchitis. 3. Infeksi dan batu sistem saluran kencing. 4. Keracunan Gelsemium elegans, arsenic. 5. Muntah darah, batuk darah, mimisan. 6. Mata merah, wasir. 7.Sakit perut, cacingan, menambah nafsu makan. 8.Lepra.

Cara membuat nya tinggal di cuci, di rebus kemudian di saring, airnya di minum, dapat juga di campur dengan madu. Atau daunnya dilumat kemudian di peras air nya langsung di minum.

Nah bagi pembaca dan murid-2 ku yang ingin mencoba silahkan di cari tanaman ini, seperti terlihat pada gambar.
Pegagan atau Antanan termasuk suku atau familia Apiaceae. Tumbuh menjalar di atas tanah terutama di tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung tetapi cukup lembab.Nama lain : pegaga, daun kaki kuda, daun penggaga, pegago (Sumatera); antana, cowet gompeng, gagan-gagan, penigowang, calingan rambat (Jawa); bebele, paiduh (Nusa Tenggara); wisu-wisu, kisu-kisu (Sulawesi); dogauke (Irian); ji xue cao (Cina).Kandungan : senyawa asiaticosida, senyawa antilepra, garam kalium, magnesiu, kalsium, besi, tanin.

9 Comments:

  1. Arya said...
    Artikel yang sangat bermanfaat bu guru, cuman masalahnya adalah budaya di negeri kita cenderung "emoh ruwet" dan pilih yang instant atau yang telah diekstrak, apakah oleh ahli-ahli kita telah diekstrak untuk diperjualbelikan bebas di pasaran ? Syukur-syukur jika sudah dipatentkan, daripada keburu dicuri oleh bangsa asing...
    Emilia SP said...
    di India tumbuhan ini sudah di Olah dan di patenkan, kalo di Indonesia sudah ada yang jual al. yaitu "Karyasari " dalam bentuk bubuk kering utk di seduh seperti teh..
    Emilia SP said...
    di India tumbuhan ini sudah di Olah dan di patenkan, kalo di Indonesia sudah ada yang jual al. yaitu "Karyasari " dalam bentuk bubuk kering utk di seduh seperti teh..
    rillys said...
    salam cikgu,
    tempat saya pun dipanggil pegagan ni feveret makanan saya... buat ulam pun sedap cicah sambal kelapa.... sehari tak pekena boleh demam...
    terima kasih dengan informasi ini.
    aminhers said...
    sampai sekarang saya suka dengan antanan, makalum orang sunda LOL,di bangkok antanan di jadikan minuman penyegar,harga nya 20 baht,dikemas dalam botol hasil blenderan.
    makasih bu postingan yg baik.
    Hamidz said...
    wahh inpo bagus.. makasih mbak...
    tyas said...
    wah, kayak kita minum cerebrovit gitu ya, cuma ini herbal...
    makasih infonya, Emil..
    Humor Bendol said...
    Wah..Artikel yang bagus. Bisa mencerdaskan murid-muridnya nih. Ditunggu ilmu yang lain ya bu...
    deni said...
    memang bu guru pernah ke india

Post a Comment



My Video Channel:

Watch videos at Vodpod and more of my videos

KOMPAS.com - Sains

Info Pendidikan

About Singkong Indonesia (MSI)