CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Did You Know?

Visit Yogyakarta / Jogja

Terima kasih Pengunjungku :

Custom Search

Wednesday, July 7, 2010

Silahkan baca dan lihat.. 5 Menit Artikel ini dapat menghindarkan air mata Anda dan mungkin dapat menyelamatkan nyawa anda maupun orang yang anda cintai.


STROKE: Ingat ketiga huruf pertama .. S.T.R ..

Seorang rekan mengirimkan kepada saya email ini dan mendorong saya untuk sharing hal ini. Saya setuju. Jika setiap orang dapat mengingat yang sederhana seperti ini, maka kita bisa menyelamatkan orang lain.


Pada suatu pesta, seorang teman tiba-tiba tersandung dan jatuh. Ia meyakinkan setiap orang, bahwa dia baik-baik saja dan tersandung batu saja karena sepatu yang baru. (padahal mereka telah menawarkan ambulans).  Mereka membersihkan tumpahan dan memberikan piring yang baru-sementara ia kelihatan agak terkejut. Ingrid (kita sebut saja) terus bersenang-senang sepajang malam.


Beberapa waktu berselang, suami Ingrid menelpon bahwa isterinya dibawa ke rumah sakit (jam 6.00 pagi, Ingrid meninggal.)

Sebenarnya Ingrid sedang menderita stroke selama pesta. Kalau saja diantara mereka ada yang mengetahui bagaimana mengenali stroke, kemungkinan Ingrid masih bisa hidup sampai hari ini.

Beberapa orang seperti ini tidak meninggal, tetapi mereka berakhir dengan cacad, tidak berdaya. Hanya dibutuhkan beberapa menit untuk membaca ini.


MENGENALI STROKE:

Seorang Neurolog (Ahli syaraf) menyatakan bahwa jika ia bisa bertemu dengan seorang penderita stroke dalam 3 jam pertama serangan, maka keadaan bisa berubah total sama sekali. Ia mengatakan yang penting adalah mengenali gejala, mendiagnosa, dan segera membawa pasien untuk pengobatan ahli dengan segera dan ini mendesak!! Jangan lewat dari tiga jam karena kalau tidak, akan cacad permanen.

Ingat '3' langkah , STR . Baca dan pelajari!

Kadang-kadang gejala stroke sangat sukar untuk dikenali. Sayangnya, ketidaktahuan membawa bencana.
Penderita stroke dapat mengalami kerusakan otak yang berat jika orang sekitar gagal untuk mengenali gejala-gejala stroke.
Sekarang para dokter menyatakan seorang terdekat dapat mengenali stroke dengan menayakan tiga pertanayaan sederhana:

S * Minta individu untuk tersenyum/Ask the individual to SMILE (TERSENYUM). Kalau pipi pengot maka ada kelumpuhan saraf. Waspadalah !!

T * TALK (BICARA). Minta orang tersebut untuk TALK (BICARA ) KALIMAT SINGKAT (mis.: 'It is sunny today, hari ini cerah, atau apa saja). Kalau omongannya pelo ini gejala stroke.

R * Minta dia untuk RAISE BOTH ARMS (MENGANGKAT KEDUA LENGAN) . Kalau tidak bisa mengangkat artinya ada kelumpuhan akibat stroke. Waspada dan jangan terlambat panggil ambulans.

Jika terdapat salah satu dari gangguan untuk melakukan STR, segera panggil ambulans dan ceritakan keadaan ini kepada petugas.

NOTE : "Tanda" lain dari stroke adalah
1. Minta orang tersebut "menjulurkan" lidahnya.
2. Jika lidah "bengkok", menyimpang kesatu arah ini juga merupakan tanda dari suatu stroke.

Sumber : dari milis tetangga


Bagikan

 

1 Comment:

  1. Alex B said...
    sekarang banyak penyakit yang macam-macam. kita harus menjaga kesehatan. karena kesehatan mahal bro.

Post a Comment



My Video Channel:

Watch videos at Vodpod and more of my videos

KOMPAS.com - Sains

Info Pendidikan

About Singkong Indonesia (MSI)