CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Did You Know?

Visit Yogyakarta / Jogja

Terima kasih Pengunjungku :

Custom Search

Saturday, October 10, 2009

Peran perpustakaan semakin hari semakin penting, terutama terkait dengan kehadiran dan kemajuan informasi serta teknologi informasi yang ada. Di mana ledakan informasi dan teknologi informasi tersebut semakin membuat perpustakaan harus memasang strategi yang tepat guna untuk menjadi penyedia informasi yang tidak ditinggalkan oleh pemustakanya.

Sekarang berbagai macam software perpustakaan gratis mudah di dapat, kita download kemudian dicoba dan digunakan, maka secara otomasi perpustakaan tersebut telah berbasis IT.


Ketika Perpustakaan sudah Berbasis IT , Software perpustakaan merupakan aset besar dalam memberikan layanan pada pemustaka.

Bagi anda yang sekolahnya memiliki dana yang kurang memadai untuk membeli software perpustakaan, kini anda dapat menggunakan solusi aplikasi opensource yang gratis.

Para software creator di Indonesia ternyata telah banyak yang memproduksi aplikasi otomatisasi perpustakaan ini, misalnya Athenaeum Light (selanjutnya disingkat AT), IGLOO dan yang terbaru adalah SENAYAN
Athenaeum Light
, sebuah aplikasi perpustakaan yang dikembangkan oleh Didik Witono ini menyediakan semua kebutuhan dasar sebuah sistem dalam sebuah perpustakaan. Misalnya fasilitas peminjaman dan pengembalian, sistem pencetak barcode, katalog untuk pengguna, dan yang paling essensial di Athenaeum Light ada tersedianya fasilitas untuk membantu pustakawan melakukan stock opname. Anda dapat download Software perpustakaan Athenaeum Light di SINI...

IGLOO adalah aplikasi berbasis web untuk meng-online-kan Database ISIS (CDS/ISIS dan WinISIS) ke media web. Igloo dibuat menggunakan PHP Scripting language ( www.php.net) dan PHP-OpenISIS sebagai backend untuk membaca database natif ISIS. PHP-OpenISIS merupakan port OpenISIS ke PHP dalam bentuk extension. OpenISIS itu sendiri merupakan command-line tool untuk membaca database natif ISIS. Untuk mengetahui lebih banyak tentang OpenISIS, silahkan kunjungi situsnya di http://www.openisis.org

SENAYAN merupakan open source Library Management System. Dikembangkan menggunakan teknologi open source seperti PHP dan MySQL. Senayan menyediakan banyak fitur seperti Bibliography database, Circulation, Membership dan masih banyak lagi, yang akan menolong fungsi otomastisai perpustakaan. Proyek ini disponsori oleh Pusat Informasi dan Humas Depdiknas dan berlisensi GPL v3.

Silahkan junjungi website nya, semoga bermanfaat...

Sumber :
- http://apakabarpsbg.wordpress.com
- http://kali-indonesia.blogspot.com


4 Comments:

  1. pelangi anak said...
    Informasi yang bagus, ntar saya kabarkan pada rekan di sekolah yang memiliki perhatian pada management kepustakaan. Trims 'n salam kenal!
    DIDIK KURNIAWAN BLOG'S said...
    coment umum: blognya bagus banget bu.
    kalo boleh saya ingin di bagi ilmunya untuk membuat blog, khususnya untuk tampilan postingan yang bisa dipotong seperti ini. karena setiap saya posting tulisan pasti muncul semua tulisannya. mohon bimbingannya supaya tampilan postingan artikel bisa setengahnya. thanks.
    Emilia SP said...
    cara membuat Readmore :
    http://kolom-tutorial.blogspot.com/2008/01/trik-mudah-membuat-more.html
    mtopxirsyad said...
    athe8.5v1
    user : Guru
    Passwordnya apa bu?
    tahank atas bantuannya semoga bermanfaat bagi kami amin.

Post a Comment



My Video Channel:

Watch videos at Vodpod and more of my videos

KOMPAS.com - Sains

Info Pendidikan

About Singkong Indonesia (MSI)