CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Did You Know?

Visit Yogyakarta / Jogja

Terima kasih Pengunjungku :

Custom Search

Monday, January 18, 2010

Gerhana matahari adalah peristiwa yang terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Bayangan Bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer(wikipedia)


Menurut jenisnya Gerhana matahari, ada tiga jenis yaitu: gerhana total, gerhana sebagian, dan gerhana cincin.


Gerhana total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.

Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya. (wikipedia)

Ketika gerhana matahari, orang dilarang melihat ke arah Matahari dengan mata telanjang karena hal ini dapat merusakkan mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan.

GERHANA matahari pada 15 Januari 2010 merupakan gerhana matahari cincin (annular), yaitu bundaran bulan tidak sepenuhnya menutupi matahari sehingga masih tersisa bagian yang bercahaya, yang mengesankan seperti cincin. Namun di Indonesia, gerhana ini hanya akan nampak sebagai gerhana matahari sebagian (parsial), karena umbra gerhana hanya melintas di wilayah Afrika timur, India selatan dan Sri Lanka, Myanmar dan China bagian tengah. Di Indonesia, gerhana ini hanya bisa disaksikan di seluruh Pulau Sumatra, Kalimantan, serta sebagian Jawa dan Sulawesi.

Berikut beberapa Gerhana Matahari yang telah terjadi dan yang akan terjadi beberapa tahun ke depan:

1. Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009

Gerhana Matahari
Lintasan Gerhana Matahari 26 Jan. 2009



Lintasan gerhana dapat disaksikan oleh seluruh penduduk di wilayah Indonesia. Jalurnya dimulai dari Lautan Hindia, menyusur ke kawasan Indonesia, Sumatra Selatan, Krakatau, sebagian Banten, sebagian Pulau Bangka, Pulau Belitung, sebagian Kalimatan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, sebagian Sulwesi Utara. Teluk Betung, Samarinda, Serang, Anyer, Banten, Cilegon, Merak, dan Lampung adalah kota-kota yang dilewati jalur antumbra bulan. Penduduk di kota itu bisa mengamati Gerhana Matahari Cincin antara 2-6 menit

2. Gerhana Matahari Total 22 Juli 2009
Bisa disaksikan pada kawasan yang dilewati umbra bulan. Jalur umbra bulan mulai menyusur daratan India (dekat Mumbai) sekitar pukul 8.00 pagi ke arah timur Cina sekitar pukul 8.30 dengan lama gerhana matahari total antara 4-6 menit.

Gerhana Matahari 22 Juli 2009
Lintasan Gerhana Matahari 22 Juli 2009




Sementara sebagian wilayah Indonesia hanya bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian yaitu Sumatra Utara, Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Irian Jaya. Gerhana Matahari ini berlangsung pada pagi hari, dimulai dari Barat Indonesia dan paling akhir adalah Papua (sekitar pukul 10.00 WIB). Sayangnya penduduk di Pulau Jawa tidak dapat menyaksikan gerhana matahari 22 Juli 2009.

3. Gerhana Matahari Sebagian 15 Januari 2010
Lintasan gerhana melewati bagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta,Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta.

Gerhana Matahari 15 Januari 2010
Lintasan Gerhana Matahari 15 Januari 2010



Sama halnya dengan gerhana Juli 2009, bulan hanya menutup sebagian matahari saja. Karena pusat jalur Gerhana Matahari ini melewati daerah India dan Cina, sehingga di Indonesia hanya terjadi Gerhana Matahari Sebagian.

4. Gerhana Matahari Total, pada 9 Maret 2016
Diperkirakan juga akan terjadi Gerhana Matahari Total (insya Allah) pada 9 Maret 2016, kali ini penduduk Jakarta dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total yakni Bulan yang menutup seluruh bagian matahari dan hanya menyisakan bercak-bercak di sekitar lingkaran. Jadi, mari kita tunggu tanggal 9 Maret 2016 mendatang untuk menyaksikan fenomena alam yang jarang sekali terjadi ini.

Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total


sumber: wikipedia,dhartodar.wordpress.com, pikiran-rakyat.com, netverum.blogspot.com, detiknews.com, youtube.com

0 Comments:

Post a Comment



My Video Channel:

Watch videos at Vodpod and more of my videos

KOMPAS.com - Sains

Info Pendidikan

About Singkong Indonesia (MSI)