CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Did You Know?

Visit Yogyakarta / Jogja

Terima kasih Pengunjungku :

Custom Search

Sunday, January 10, 2010

Untuk menarik minat siswa dalam belajar IPA (biologi) dan Sains, di Sekolah Al Zahra Indonesia Vila Dago Pamulang telah melaksanakan kegiatan menanam pohon-pohon pelindung, seperti pinus dan tanaman buah-buahan seperti, mangga, sawo, juga tanaman-tanaman obat serta sayur-sayuran sebagai tanaman pembelajaran yang di masukan kedalam pelajaran Biologi (IPA) dan Sains.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, Siswa Al Zahra di bagi dalam beberapa kelompok belajar. Masing-masing kelompok membawa berbagai macam tanaman sesuai dengan kelompok tanaman yang telah ditentukan.



Kemudian mereka membuat deskripsi tanaman (ringkasan tanaman sesuai dengan kelompoknya) yang meliputi; pengenalan tanaman, daerah asal, ciri-ciri morfologi, klasifikasi, dan kegunaaanya. Dan mencatat hasil pengamatan mingguan pada tanaman masing-masing dan melaporkan hasil pengamatan kepada guru pembimbing (pada setiapkelompok).

Setiap pagi sebelum masuk sekolah dan sebelum pulang kerumah merekapun asyik menyirami kembali tanaman pembelajaran, dengan harapan tanaman mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

Mereka sangat menyenangi kegiatan ini, apalagi setelah melihat tanaman yang ditanaman nya tumbuh dan berkembang dengan baik, dan dapat di petik hasilnya "panen" bersama-sama.

Para siswa di temani guru pembimbingnya panen hasil tanam nya bersama-sama, tanaman sayur yang telah dapat di panen antara lain, kangkung, kacang tanah, pare, timun , cesim, terong, cabe dan lain-lain.

Sayuran tersebut langsung dimasak bersama-sama di sekolah, kemudian disajikan kepada guru-guru, pengurus Yayasan untuk dimakan bersama-sama.

Kegiatan ini ternyata sangat berkesan bagi mereka, sehingga proses penyerapan ilmu berjalan dengan baik, selama kegiatan praktek dari mulai memilih tanaman, menanam, merawat, mengamati dan memetik hasilnya.

2 Comments:

  1. si Rusa Bawean said...
    endidik banget neh blognya

    keren boss
    :)
    remajamuda.blogspot.com said...
    hahaha no spam?
    http://remajauang.blogspot.com/2010/01/peluang-usaha.html

Post a Comment



My Video Channel:

Watch videos at Vodpod and more of my videos

KOMPAS.com - Sains

Info Pendidikan

About Singkong Indonesia (MSI)