CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Did You Know?

Visit Yogyakarta / Jogja

Terima kasih Pengunjungku :

Custom Search

Thursday, April 23, 2009

Menurut informasi dari Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI), Pelajar yang mewakili Indonesia akan berangkat ke Bangkok, Thailand untuk mengikuti Asian Physics Olympiad (APhO) ke-10 pada hari Jumat, 24 April 2009.

Sempat ada kekhawatiran kegiatan akan dibatalkan akibat adanya gejolak politik di Thailand. Namun setelah kondisi aksi demonstrasi anti pemerintah sudah berakhir dan keamanan sudah terkendali, akhirnya pihak penyelenggara memutuskan kegiatan APhO ke 10 tetap berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan yaitu dari tanggal 24 April – 2 Mei 2009. Dari laporan terakhir panitia, APhO tahun ini akan diikuti oleh 23 negara, yaitu: Australia, Brunei Darussalam, Kambodia, China, Chinese Taipei (Taiwan), Hong Kong, India, Indonesia, Israel, Jordan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Lao PDR, Macau, Malaysia, Mongolia, Philippines, Singapore, Sri Lanka, Tajikistan, Turkmenistan, Vietnam dan Thailand.

Tim yang dipimpin oleh Hendra Kwee, Ph.D. dan Kamsul Abraha, Ph.D ini diperoleh melalui proses saringan yang sangat ketat yang melibatkan para pembina dari TOFI, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajahmada (UGM), Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Universitas Pelita Harapan (UPH). Daftar nama tim ini adalah sebagai berikut:

No Nama Siswa Asal sekolah
1 Andri Pradana SMAK 1 BPK Penabur, DKI Jakarta
2 Brigitta Septriani SMA Santu Petrus Pontianak, Kalimantan Barat
3 Dzuhri Radityo Utomo SMAN 1 Yogyakarta, DIY
4 Fernaldo Richtia Winnerdy SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Banten
5 Muhammad Sohibul Maromi SMAN 1 Pamekasan, Jawa Timur
6 Paul Zakharia Fajar Hanakata SMAN 1 Denpasar, Bali
7 Sandoko Kosen SMA Sutomo 1 Medan, Sumatera Utara
8 Winson Tanputraman SMAK 1 BPK Penabur, DKI Jakarta

Mereka masuk dalam kawah Candradimuka pelatihan sejak pertengahan November 2008 dengan diberikan bekal baik teori maupun eksperimen fisika yang diperlukan dalam olimpiade. Pembinaan dilakukan dengan seri kuliah dan latihan soal untuk mematangkan pemahaman konsep dan keterampilan dalam mengerjakan soal. Dua bulan menjelang keberangkatan, mereka diuji dengan menyelesaikan soal-soal yang sudah dikeluarkan pada olimpiade tingkat Asia maupun Internasional. Disamping itu, mereka telah menjalani try-out di Jurusan Fisika UGM tanggal 15-17 Maret 2009 yang materinya telah disesuaikan dengan aturan yang digunakan pada APhO. Melihat hasil selama pembinaan dan hasil try-out di UGM, tim pembina yang dikoordinir oleh Hendra Kwee, Ph.D. menargetkan perolehan medali minimal 2 medali emas.

Mari kita do'a kan semoga kegiatan berjalan lancar dan tim ini dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Olimpiade Fisika tingkat Asia seperti tahun-tahun sebelumnya....Amin

4 Comments:

  1. tips belajar seo blog tutorial said...
    indonesia jagoan kalo soal fisika.. knp ya?
    Hamba Ilahi said...
    salam ukhwah
    bo kita jadi rakan u kongsi cara mengajar bab saya baru dalam dunia pendidik ni...
    InsyaAllah s.w.t tahun 2010 saya mula mengajar....
    denaihati said...
    makaseh sudi mampir dan follow denaihati. semuga terus sukses nyeblog.
    g0ne_bdg said...
    diskusi dan sharing ilmu bloggingnya di IBF The Indonesian Blog Forum : http://blog.indonesianforum.net/

Post a Comment



My Video Channel:

Watch videos at Vodpod and more of my videos

KOMPAS.com - Sains

Info Pendidikan

About Singkong Indonesia (MSI)