CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Did You Know?

Visit Yogyakarta / Jogja

Terima kasih Pengunjungku :

Custom Search

Sunday, May 3, 2009

Jakarta - Prestasi kembali ditoreh anak-anak Indonesia. Setelah sebelumnya berjaya pada ajang Olimpiade Fisika Asia ke-9, di Ulaanbaatar, Mongolia, 20-28 April lalu, dengan raihan 3 medali emas, kini satu medali emas diraih Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI).

Selain mendapatkan satu medali emas, yang disumbangkan Irvan Jahja, siswa SMA St Aloysius, Bandung, Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) juga berhasil meraih 2 medali perunggu dalam ajang Olimpiade Informatika Asia Pasifik (Asia-Pacific Informatics Olympiad, APIO) ke-2, pada 10 Mei lalu, di Thailand.

"Medali perunggu diperoleh Reinadus Surya Pradhitya, siswa SMA Kanisius, Jakarta, dan Listiarso Wastuargo, siswa SMAN 3 Yogyakarta. Dan, prestasi ini, meningkat dibanding dengan tahun lalu, yakni Indonesia hanya meraih satu medali perunggu melalui Karol Danutama," ujar salah seorang pembina TOKI Fauzan Joko kepada Media Indonesia di Jakarta, Rabu (14/5).


Fauzan Joko juga mengungkapkan, keberhasilan yang diraih Irvan sesuatu yang membanggakan, karena berhasil menembus dominasi siswa-siswa dari China yang berhasil meraih 7 medali emas.

"Irvan berhasil meraih nilai total 300 dari nilai maksimal 300 (full score) yang artinya ia mampu menyelesaikan tiga soal yang diberikan dengan sempurna," kata Fauzan Joko.

Sementara itu, Kasie Bakat dan Prestasi Direktorat Pembinaan SMA Suharlan mengungkapkan, kegembiraannya mengingat ajang APIO, merupakan salah satu tolok ukur untuk mempersiapkan siswa-siswa Indonesia untuk menghadapi ajang International Olympiad in Informatics 2008, di Kairo, Mesir, Agustus mendatang.

"Ini benar-benar membanggakan, karena kita tidak menduga, dapat menyabet satu medali emas, pada ajang yang terbilang sungguh besar pada level kawasan Asia Pasifik. Ini membuktikan, anak-anak kita tidak kalah bersaing dengan anak-anak negara lain, khususnya di kawasan Asia Pasifik," ujar Suharlan.

Asia-Pacific Informatics Olympiad (APIO) adalah sebuah kontes pemprograman secara online yang diikuti oleh siswa-siswa di kawasan Asia dan PasifiK Barat. Bentuk perlombaannya adalah para siswa mengerjakan tugas di negara masing-masing dengan diawasi oleh pengawas resmi, dan setiap siswa mengirimkan jawaban kepada server negara penyelenggara melalui internet.

APIO pertama kali diselenggarakan tahun lalu, dan Australia menjadi tuan rumah. Untuk kedua kalinya, yang diselenggarakan di Thailand kali ini, ajang ini diikuti 14 negara peserta yakni, Australia, Bangladesh, China, China Taipei, India, Indonesia, Jepang, Korea, Makau, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Sri Lanka, dan Thailand.

Sementara itu Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) adalah sebuah tim yang terdiri dari 4 siswa sekolah menengah yang dipersiapkan untuk menghadapi International Olympiad in Informatics yang diselenggarakan setiap tahun.

Indonesia pertama kali mengikuti IOI pada tahun 1995, ketika IOI diselenggarakan di Eindhoven, Belanda. Hingga saat ini tim Indonesia secara keseluruhan telah berhasil mengumpulkan 1 medali emas, 8 medali perak dan 12 medali perunggu.

Saat ini, TOKI sedang menjalani pelatnas dan seleksi akhir di kampus Universitas Indonesia, Depok, untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi IOI 2008. Di akhir pelatnas, akan dilakukan seleksi akhir, untuk menetapkan 4 siswa terbaik yang akan mewakili tim Indonesia dalam ajang IOI yang diselenggarakan di Kairo, Mesir, pada 16-23 Agustus mendatang.

sumber :www.mediaindonesia.com

2 Comments:

  1. cikgupj said...
    Tahniah!...Indonesia berjaya lagi!...Indonesia memang hebat!...
    ~PakKaramu~ said...
    Salam,

    Kalo indonesia hebat Malaysia kini sedang ribut, kerna itu dia tidak hebat

Post a Comment



My Video Channel:

Watch videos at Vodpod and more of my videos

KOMPAS.com - Sains

Info Pendidikan

About Singkong Indonesia (MSI)